021 2217 2410 0853 5122 5081
08.00 – 16.30 WIB cs@patendo.com

Pengertian Merk Atau Merek Adalah

Pengertian Merk Atau Merek Adalah, Apakah Berbeda Dengan Brand?
Kamu tau nggak sih ternyata definisi merek dengan brand itu berbeda lho, terkadang orang sering salah mengartikan merek sebagai brand padahal jelas keduanya berbeda.

Pengertian merk atau merek adalah tanda pengenal ataupun nama yang telah didaftarkan. Lantas, apa itu brand? Brand merupakan identitas yang dikenal oleh konsumen sampai masyarakat luas.

Penting bagi kamu yang ingin terjun ke dalam dunia bisnis untuk memahami kedua hal tersebut. Apalagi pasar bisnis mulai saat ini banyak dimasuki oleh para generasi millenial. Bahkan mereka lebih senang mengembangkan bisnisnya dengan menggunakan nama sendiri.

Akan tetapi, istilah brand yang terus dilempar kesana-kesini kerap kali disalah artikan oleh mereka para pebisnis itu sendiri. Akibatnya bisnis yang dirintis juga salah arah, karena kesalahpahaman tersebut. Nah, untuk lebih jelasnya mari kita simak bersama-sama ulasan di bawah ini. Jangan sampai ada info yang terlewat ya!

Pengertian merk atau merek adalah

Merk biasanya digunakan untuk aktivitas perdagangan baik barang atau jasa. Merek bisa berupa logo, simbol, lambang, atau wordmark. Definisi merk juga tercantum dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016. Berikut sudah kita rangkum beberapa pengertian merek menurut para ahli antara lain yaitu:

1. Marty Neumeier
Merek ialah perasaan seseorang tentang suatu produk, layanan, atau organisasi (1984).

2. Kartajaya
Merek yaitu sember daya atau modal yang menciptakan nilai untuk konsumen dengan meningkatkan kepuasan serta menghargai kualitas (2010).

3. David A. Aaker
Pengertian merk atau merek adalah seperangkat sumber daya/ kewajiban yang dihubungkan dengan nama dan logo yang bisa menambah atau mengurangi dari suatu nilai yang diberikan oleh suatu barang ataupun jasa (1991).

Fungsi merek

Fungsi merek antara lain yaitu:

• Memudahkan pemesanan serta penelusuran suatu produk

• Membantu mengatur catatan persediaan serta akuntansi

• Menjadi senjata untuk mengamankan keunggulan kompetitif

• Menawarkan perlindungan hukum terhadap ciri keunikan atau kekhasan dari suatu produk yang dimiliki.

• Menandakan tingkat kualitas tertentu sehingga konsumen yang merasa puas akan melakukan pembelian secara berulang atau dikenal sebagai loyalitas konsumen.

elemen merek

Lantas apa itu brand dan apa saja elemen di dalamnya?

Setelah kalian tau beberapa pengertian merek, sekarang kita simak pengertian brand menurut para ahli diantaranya yakni:

1. Wheeler
Brand adalah bentuk komunikasi yang konstan dilakukan oleh perusahaan untuk menyampaikan pesan yang termuat pada suatu barang atau jasa kepada konsumen (2012).

2. Iaravalle dan Schenck
Brand yaitu bentuk komunikasi yang bertujuan membentuk pandangan positif di benak para pelanggan (2007).

3. Swasty
Brand suatu program yang mengkhususkan atau memfokuskan serta memproyeksikan nilai-nilai dari suatu merek (2016).

Sekarang terbukti kan bahwa merek dan brand adalah kedua hal yang berbeda? Jika kamu menelaah lebih jauh lagi, perbedaannya sangat signifikan.

Keberadaan brand bukan semata-mata hanya sekedar logo dari sebuah perusahaan saja, namun berupa image yang akan dimunculkan oleh orang lain atas produk yang ia punya.
Brand menjadi kombinasi yang sangat lengkap saat seseorang membayangkan atas apa yang ia dengar tentang sebuah perusahaan ataupun produk tersebut.

Untuk memberikan brand kepada sebuah perusahaan yang menjadi identitasnya itu juga butuh keahlian khusus lho! Kemampuan semacam ini juga perlu ditingkatkan dan harus dilindungi demi hak cipta yang dimiliki.

Pemberian brand untuk suatu produk merupakan faktor terpenting dalam kegiatan pemasaran, apa tujuannya? Tujuannya adalah agar memudahkan konsumen atau pelanggan untuk mengenali produk yang kamu miliki.

Ada beberapa element yang dapat menentukan tingkat kepercayaan konsumen terhadap suatu brand. Mau tau apa saja itu? Simak baik-baik uraian di bawah ini ya!

• Memberikan kepribadian tersendiri terhadap para pemakai brand.

• Janji yang diberikan sesuai dengan kenyataan, walaupun hal itu tak dinyatakan secara jelas. Namun, tetap menjadi salah satu faktor utama untuk mencapai kesuksesan sebuah brand.

• Adanya USP atau Unique Selling Proposition. Sebab munculnya sebuah brand merupakan sebagai dasar untuk membedakan perusahaan, produk, atau layanan dengan perusahaan, produk ataupun jenis layanan yang lainnya.

Apa saja fungsi brand?

Brand mempunyai beberapa fungsi yang perlu kamu ketahui. Berikut beberapa fungsi brand secara detail diantaranya yaitu:

• Pembeda
Sebuah produk akan mempunyai perbedaan dengan pesaingnya, apabila mempunyai brand yang begitu kuat dan kokoh sehingga sebuah brand bisa gampang dibedakan dengan brand lainnya.

• Promosi serta daya tarik
Produk yang mempunyai brand akan lebih gampang dipromosikan serta menjadi daya tarik tersendiri baginya. Untuk mempromosikan sebuah brand akan lebih mudah mempromosikan produknya dengan menampilkan logo dari brand tersebut.

• Membangun image, keyakinan, jaminan kualitas serta reputasi
Sebuah brand juga dapat berfungsi membentuk jati diri atau image, dengan memberi alat pengenalan untuk pertama kalinya kepada seseorang. Keyakinan, kualitas serta reputasi sebuah produk akan selalu melekat dalam sebuah brand berdasarkan pengalaman dan info atas produk tersebut.

• Mengendalikan pasar
Pasar akan dengan mudah dikuasai dan dikendalikan oleh sebuah brand yang tangguh. Hal itu akan menjadi warning bagi para pesaingnya untuk mengambil sebuah tindakan. Selain itu, masyarakat akan dengan mudah diberikan info tambahan dengan adanya brand yang selalu diingat oleh mereka.

Bagaimana merek dan brand ada dalam kehidupan kita?

Setelah kalian tau pengertian masing-masing antara merek dan brand, apakah kalian sudah mulai paham perbedaan keduanya? Nah, agar kamu lebih jelas lagi silahkan simak contoh merek dan brand berikut ini!

• Google (merek) dan menyediakan layanan magang bagi para pelajar (brand).

• Starbucks (merek) dan pelayanan ramah, profesional, interior apik, suasana nyaman, adanya fasilitas AC dan wifi (brand).

• Indihome (merek) dan datang door to door ke setiap rumah untuk menawarkan pemasangan secara gratis (brand).

• Mercedes benz (merek) dan memproduksi kendaraan-kendaraan mahal, terjamin kualitasnya, memberikan service yang bagus dan merupakan perusahaan otomotif tertua di dunia (brand).

Jadi, mengapa brand itu penting?

Jika sebuah nama merupakan awal dari perjalanan usahamu. Sebatas nama saja tak akan menjadikan target para pelangganmu mengetahui apa yang membedakanmu dengan yang lainnya. Karena dalam situasi sekarang ini, supaya dapat meraih sukses dalam kompetisi yang begitu ketat maka butuh lebih dari sekedar logo atau nama saja.

Usaha atau bisnis harus memiliki identitas yang dapat diapresiasi oleh para pelanggan, supaya mereka bisa menjual produk. Sebab pelanggan masa kini tak hanya butuh produk yang berkualitas saja, tetapi juga pengalaman yang dapat membuat mereka merasa puas bahkan senang ketika membeli serta memakai suatu produk.

Oleh sebab itu, kamu perlu membangun brand untuk usahamu, bukan hanya sekedar merek. Kamu butuh identitas yang dapat dirasa relevan oleh target pembeli, sehingga mereka dapat merasakan pengalaman memuaskan ketika membeli sampai memakai produk serta layanan yang kamu berikan. Maka dengan begitu, jalan menuju usaha berkelanjutan akan lebih terbuka lebar.

Demikian pengertian merk atau merek adalah, serta apakah perbedaan dengan brand? Semoga informasi dalam artikel ini dapat menjawab rasa penasaran kalian tentang kedua hal itu ya dan sampai jumpa lagi!

There are currently no comments.