+6221 2217 2410 +62853 5122 5081
08.00 – 16.30 WIB cs@patendo.com

Pendaftaran Merek Gratis, Cara dan Syarat yang diperlukan

Pendaftaran merek gratis tentu banyak orang yang menginginkanya. Tapi apakah ada pendaftaran merek gratis. Tentu ada, simak informasinya berikut ini. Mendaftarkan merek kepada pemerintah adalah hal yang paling tepat untuk dilakukan karena dengan begitu maka Anda akan memperoleh perlindungan secara hukum.

Namun, hal yang terkadang membuat banyak berpikir ulang dan enggan mendaftarkan merek adalah karena biaya yang terlalu tinggi terutama bagi pebisnis yang memiliki bisnis skala kecil.

Akan tetapi, Anda tidak perlu merasa terlalu bingung atau ragu karena sekarang sudah ada konsultan HKI yang bisa membantu proses pendaftaran dengan biaya yang terjangkau.

Bahkan, sekarang juga sudah ada beberapa konsultan HKI yang memberikan layanan pendaftaran merek gratis yang pasti akan sangat membantu bagi para pebisnis pemula atau UMKM untuk mendaftarkan merek.

Syarat Pendaftaran Merek Gratis

Sebenarnya, pendaftaran merek gratis ini bisa dilakukan dengan mendaftarkan diri kepada Kementerian Koperasi dan UKM.

Akan tetapi, terkadang proses yang diperlukan untuk melakukan hal ini cukup lama, sehingga ada baiknya jika Anda memanfaatkan bantuan dari konsultan HKI untuk melakukannya.

Berikut adalah beberapa persyaratan yang harus Anda siapkan untuk pendaftaran merek gratis melalui bantuan konsultan HKI:

1. Data-Data Pribadi

Persyaratan pertama yang bisa diketahui yaitu data-data yang bersifat pribadi dari Anda selaku pemilik bisnis yang sedang dijalankan.

Umumnya, data-data tersebut meliputi NIK (Nomor Induk Kependudukan) dan juga alamat domisili pada saat ini.

Usahakan untuk menggunakan alamat domisili yang tepat dan tidak berganti-ganti, karena hal itu bisa mempersulit diri sendiri di kemudian hari.

2. Data Perusahaan

Setelah data pribadi, maka selanjutnya Anda juga perlu mempersiapkan data yang dimiliki oleh perusahaan kecil Anda.

Data tersebut berupa NIB atau Nomor Induk Berusaha sebagai bukti bahwa usaha yang Anda jalankan memang sudah mendapatkan perizinan yang sah sesuai dengan apa yang tertuang di undang-undang.

Untuk usaha mikro sendiri ada beberapa kriteria yang perlu diketahui, yakni:

• Sudah memiliki hasil penjualan tahunan yang mencapai kurang lebih 2 miliar rupiah.

• Mempunyai modal usaha sejumlah kurang lebih 1 miliar, yang tidak termasuk bangunan dan tanah tempat usaha.

• Mempunyai paling sedikit 1 produk yang sudah dipasarkan dan diproduksi secara berkelanjutan selama 1 tahun.

• Mempunyai akun sosial media atau situs web untuk menjual produk.

3. Data Merek

Terakhir, ada data-data yang berkaitan dengan merek yang nantinya ingin Anda daftarkan.

Data merek tersebut meliputi usulan merek yang sebelumnya belum pernah didaftarkan oleh pihak lain.

Selain itu, merek tersebut juga harus orisinal tanpa memiliki persamaan atau meniru merek yang sebelumnya sudah beredar.

Kemudian, Anda juga harus mempersiapkan etiket merek dengan jumlah sebanyak 6 lembar.

Apabila seluruh data sudah Anda persiapkan dengan baik hingga data merek, maka Anda bisa segera memberikannya kepada pihak konsultan HKI.

Cara Pendaftaran Merek Gratis Melalui Kementerian Koperasi

Kini, pemilik usaha kecil dan menengah tidak perlu merasa bimbang saat hendak mendaftarkan merek usaha karena sudah ada fasilitas baru dari Kementerian Koperasi dan UKM.

Meskipun begitu, persyaratan dan prosedur yang harus dipenuhi terkadang cukup merepotkan, oleh karena itu alangkah lebih baik jika Anda memanfaatkan konsultan HKI.

Berikut adalah cara pendaftaran merek gratis ke Kementerian Koperasi melalui jasa konsultan:

• Persiapkan Persyaratan

Cara pertama untuk melakukan pendaftaran merek gratis dengan bantuan jasa konsultan HKI yaitu dengan mempersiapkan seluruh persyaratan terlebih dahulu.

Sebab, pihak pemerintah telah menetapkan beberapa persyaratan yang harus dipatuhi oleh calon pemohon pendaftaran merek, seperti etiket merek, dokumen identitas perusahaan, dan masih banyak lagi.

Apabila Anda tidak mempersiapkan persyaratan tersebut dengan baik, maka kemungkinan besar permohonan yang akan diajukan pasti ditolak Kementerian Koperasi UKM.

• Mengunggah Berkas-Berkas

Jika semuanya dirasa sudah lengkap, maka langkah selanjutnya yaitu Anda tinggal mengunggah seluruh berkas pada formulir yang sudah disiapkan oleh pihak konsultan HKI.

Pada formulir tersebut, pastinya akan tersedia informasi tertentu yang berguna untuk membantu Anda dalam mengunggah berkas pada lokasi yang tepat.

Dengan begitu, maka berkas tersebut bisa lebih mudah untuk dicek oleh pihak konsultan HKI.

Usahakan untuk mengunggah berkas melalui laptop dan bukan ponsel, sebab jika memakai ponsel maka kemungkinan besar akan ada beberapa kesalahan yang terjadi dan cukup sulit untuk melakukan hal ini.

• Menyerahkan Prosedur Pendaftaran pada Konsultan

Langkah yang terakhir yaitu Anda dapat menunggu dengan duduk manis di rumah tanpa melakukan apa-apa, karena nantinya konsultan HKI yang berperan untuk mengurus proses pendaftaran merek Anda.

Dengan begitu, maka Anda tidak perlu harus merasa kerepotan dalam mengantarkan seluruh berkas pada kantor kementerian.

• Tunggu Hingga Sertifikat Muncul

Jika pihak konsultan HKI sudah mendaftarkan merek Anda, maka setelah beberapa minggu akan ada informasi lanjutan mengenai status merek yang sudah didaftarkan.

Apabila merek Anda diterima, maka Anda akan memperoleh sertifikat yang menyatakan keabsahan merek.

Pendaftaran Merek Gratis Melalui Konsultan HKI

Konsultan HKI merupakan pihak penyedia jasa yang akan membantu pemilik bisnis dalam mendaftarkan merek kepada pemerintah.

Saat ini, sudah ada konsultan HKI yang memberikan layanan baru yakni mendaftarkan merek gratis tanpa harus mengeluarkan uang yang terlalu banyak.

Ada berbagai langkah yang bisa dilakukan untuk melakukan pendaftaran merek gratis melalui konsultan ini, yaitu:

• Menghubungi Pihak Konsultan

Langkah pertama yaitu Anda dapat mencoba untuk menghubungi secara langsung pihak konsultan yang memang menyediakan layanan pendaftaran merek secara gratis.

Umumnya, Anda dapat melihat sendiri nomor ponsel atau alamat yang bisa dihubungi sehingga Anda tidak perlu merasa kesulitan dalam mencari kontak yang mereka miliki.

• Mengajak 6 Orang Untuk Daftar

Langkah yang lainnya yaitu Anda bisa mengajak orang lain untuk turut serta memakai suatu jasa konsultan.

Salah satu jasa konsultan HKI yang menyediakan layanan gratis adalah Patendo, konsultan yang sudah terdaftar secara legal dan bisa membantu proses pendaftaran merek dengan sangat mudah.

Apabila Anda mengajak 6 orang lainnya untuk memanfaatkan jasa dari Patendo, maka secara otomatis nantinya Anda akan memperoleh kesempatan gratis pendaftaran merek.

Tidak hanya itu saja, namun Anda juga bisa mendapatkan keuntungan lainnya yang tidak kalah menarik yaitu konsultasi yang tidak dipungut biaya. Hal ini berbeda dengan jasa konsultan lainnya yang menetapkan biaya konsultasi.

Keuntungan Pendaftaran Merek Gratis

Proses pendaftaran merek menjadi hal yang begitu krusial untuk membantu perkembangan nama perusahaan.

Keberadaan konsultan HKI yang menyediakan layanan pendaftaran merek gratis juga berguna untuk membantu masyarakat yang merasa proses pendaftaran menyita tenaga.

Ada beberapa manfaat yang diperoleh dari pendaftaran merek gratis yang disediakan oleh konsultan HKI, yaitu:

• Lebih Efektif

Manfaat yang pertama dari pendaftaran merek gratis oleh konsultan HKI adalah metode ini bisa dikatakan jauh lebih efektif apabila harus mendaftar secara mandiri.

Sebab, ada berbagai macam kesalahan yang kemungkinan terjadi ketika Anda memutuskan untuk mendaftarkan sendiri, seperti dokumen yang salah, kesalahan penulisan, dan lain-lain.

Hal itu tidak akan terjadi apabila Anda memanfaatkan jasa konsultan HKI, sebab mereka sendiri yang akan melakukan pengecekan terhadap seluruh material untuk mendaftarkan merek di pemerintah.

Pemerintah tidak akan menerima pengajuan merek yang menyalahi beberapa peraturan perundang-undangan, sehingga mereka akan berusaha seteliti mungkin dalam mempersiapkan material tersebut.

• Tim yang Sangat Ahli

Manfaat yang lain yaitu konsultan HKI adalah orang-orang yang sudah begitu ahli dalam urusan Hak Kekayaan Intelektual, sehingga Anda tidak perlu meragukan kualitas yang bisa mereka hasilkan lagi.

Mereka menempuh pendidikan dalam waktu yang lama disertai oleh pengalaman menjadi konsultan HKI yang sudah banyak, sehingga pastinya mereka mengetahui solusi dari hampir setiap permasalahan.

Untuk itu, usahakan bahwa Anda mencari konsultan HKI yang sudah dipenuhi oleh orang-orang profesional disertai dengan reputasi yang mumpuni.

Hindari memilih konsultan HKI secara sembarangan, sebab terkadang hal itu justru bisa menjadi bumerang bagi Anda dan proses pendaftaran merek justru semakin terhambat.

Anda dapat mencari informasi mengenai reputasi yang dimiliki oleh konsultan HKI dengan mencari ulasan atau testimoni yang sudah ditulis oleh klien yang sebelumnya memakai jasa mereka.

Apabila Anda masih merasa sedikit ragu dengan kredibilitas mereka, maka tidak ada salahnya untuk mengecek apakah mereka sudah legal dengan diakui oleh pihak DJKI atau belum.

• Hemat Waktu dan Tenaga

Manfaat yang terakhir yaitu konsultan HKI tentunya akan membantu Anda untuk tidak perlu mengerahkan tenaga yang terlalu banyak dalam mendaftarkan merek.

Sebab, mereka sendiri yang akan mengurus segala keperluan yang berkaitan dengan pendaftaran merek, sehingga Anda hanya perlu menunggu instruksi lanjutan dari mereka saja.

Selain menghemat tenaga, namun konsultan HKI juga bisa membantu Anda untuk menghemat biaya pendaftaran sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang terlalu banyak.

Terlebih, ada pula beberapa konsultan HKI yang menerapkan layanan secara gratis namun tetap berkualitas tinggi.

Dengan begitu, Anda pun bisa menggunakan uang yang tersisa untuk keperluan bisnis yang jauh lebih krusial dan tidak menghamburkannya secara sembarangan.

Bagikan :
Klik Mulai Chat
1
Bisa dibantu?
Scan the code
Nama merek yang telah Anda buat bisa hilang, jika orang lain mendaftarkan merek Anda terlebih dahulu. Segera daftarkan merek Anda sebelum terlambat. Perorangan boleh daftar.

Biaya pendaftaran per merek & logo :
1. Pengecekan merek Rp 100.000 (proses 2 hari kerja)
2. Pendaftaran merek Rp 2.700.000 ( 3 hari akan dapat nomor permohonan pendaftaran merek setelah dokumen ditandatangani)
Merek berlaku 10 tahun dan bisa diperpanjang.

Syarat pendaftaran : logo merek diemail ke cs@patendo.com setelah pengecekan merek selesai.

Langkah awal pengecekan merek, silahkan isi data dibawah ini.
1. Nama merek yang ingin didaftarkan :
2. Jenis barang/jasa/usaha berupa apa :
3. Nama pendaftar :
4. Email :

Nanti akan direply dengan nomer rekening untuk transfer Rp 100.000, bukti transfer segera di W A.

Terima kasih.