+6221 2217 2410 +62853 5122 5081
08.00 – 16.30 WIB cs@patendo.com

Cara Pendaftaran Merek Dagang, Tips, Alur dan Prosedur 2023

Pendaftaran merek dagang sangat penting untuk melindungi merek anda dari pembajakan merek. Merek anda bisa dicuri orang lain jika tidak segera didaftarkan.

Ketika sedang menjalankan suatu bisnis, maka penting bagi kita semua untuk mendaftarkan merek.

Sebab, merek memiliki peran yang sangat krusial sebagai identitas milik perusahaan yang bisa membedakan produk Anda dengan produk yang dihasilkan oleh perusahaan yang lainnya.

Dengan mendaftarkan merek, maka bisa dipastikan Anda akan selalu aman dan terhindar dari masalah hukum yang berbahaya.

Untuk mendaftarkan merek bisa dilakukan dengan mengajukannya kepada pihak DJKI Kemenkumham sesuai dengan beberapa prosedur yang harus ditaati.

Umumnya, proses pendaftaran merek dagang ini bisa dilakukan dengan cukup efektif dan tidak memakan waktu yang lama. Jangka waktu merek tersebut pun bisa berjalan hingga 10 tahun lamanya.

Persyaratan Pendaftaran Merek Dagang

Syarat yang harus Anda persiapkan untuk mendaftarkan merek sebenarnya tidak terlalu rumit dan merepotkan. Berikut adalah beberapa syarat untuk pendaftaran merek dagang:

• Tanda tangan milik pihak pemohon

• Surat pernyataan UMK yang diunduh sesuai format dan sudah diberi materai

• Label atau etiket merek dagang sebanyak 10 lembar

• Kartu identitas diri yang Anda miliki, bisa berupa paspor atau pun Kartu Tanda Penduduk

• Akta pendirian badan hukum bagi perusahaan yang mempunyai badan hukum

• Surat kuasa apabila proses pendaftaran merek dagang dilakukan oleh pihak lain seperti firma hukum

Prosedur Pendaftaran Merek Dagang

Apabila Anda sudah mempersiapkan seluruh data persyaratan yang diperlukan untuk melakukan pendaftaran merek dagang, maka Anda bisa segera mengajukannya kepada pihak yang berwenang.

Untuk melakukannya, maka Anda bisa memanfaatkan jasa pendaftaran merek dengan mengikuti beberapa prosedur yang sudah ada di bawah ini:

• Menentukan Jasa Konsultan HKI

Pertama, Anda bisa mencoba untuk mencari jasa konsultan HKI yang memang memiliki kredibilitas tinggi agar tidak mengalami masalah.

Usahakan untuk mencari jasa konsultan yang berkualitas dengan membaca seluruh ulasan yang dibuat oleh klien lain.

• Persiapkan Data

Jika sudah, usahakan untuk mempersiapkan seluruh data yang benar dan valid untuk mempercepat proses verifikasi.

Ada beberapa data yang perlu disiapkan seperti data merek, surat kuasa, data perusahaan, data diri Anda, alamat email, dan juga nomor ponsel.

• Mengisi Formulir Persyaratan Pendaftaran Merek Dagang

Umumnya, pihak penyedia jasa konsultan ini akan menyediakan formulir yang bisa Anda manfaatkan untuk mengunggah dokumen persyaratan yang dibutuhkan.

Jika sudah, maka Anda akan memperoleh invoice yang langsung diterima melalui email.

• Lakukan Pembayaran Invoice

Langkah pendaftaran merek dagang terakhir, Anda bisa melakukan pembayaran atas invoice yang masuk ke email tadi.

Anda dapat memilih sendiri metode yang diinginkan seperti transfer melalui ATM, mobile banking, atau pun melalui dompet digital. Akan tetapi, terkadang beberapa pihak jasa mengenakan pemotongan pajak.

Tips Pendaftaran Merek Dagang Berpeluang Diterima

Banyak pihak yang telah mendaftarkan merek dagang, namun ternyata tidak mendapatkan persetujuan yang legal karena berbagai macam faktor.

Apabila Anda ingin terhindar dari masalah yang tidak diinginkan, maka coba ikuti beberapa tips pendaftaran merek dagang yang jitu dan dijamin mampu membuat permohonan Anda diterima.

• Merek Harus Menaati Ketertiban Umum

Tips yang pertama yaitu pastikan bahwa merek yang sudah Anda buat tidak bertentangan dengan ketertiban umum dan tidak mengandung SARA.

Merek yang terlalu bertentangan pasti akan kesulitan untuk mendapatkan tempat di masyarakat dan berpotensi menciptakan kerusuhan yang tidak terkendali.

• Merek Tidak Memiliki Unsur Produk yang Hendak Dijual

Selanjutnya, usahakan untuk membuat merek yang tidak memiliki unsur produk, dalam artian bahwa merek tersebut harus berbeda dengan produk yang hendak Anda pasarkan.

Hal ini karena pasti sudah ada banyak sekali merek dengan nama yang hampir mirip, oleh karena itu Anda harus memutar otak untuk mencari nama merek yang lebih kreatif lagi.

• Mematuhi Persyaratan dengan Tepat

Terakhir, jangan mengunggah dokumen yang tidak valid sebab hal tersebut bisa mempersulit proses verifikasi pendaftaran merek dagang.

Jangan lupa untuk melakukan cross check terlebih dahulu sehingga pengajuan merek Anda segera disetujui. Jika Anda merasa bahwa Anda adalah pribadi yang kurang teliti, maka usahakan untuk meminta bantuan pihak ketiga.

Cara Pendaftaran Merek Dagang Terbaik Melalui Konsultan HKI

Meskipun kini pengusaha sudah bisa melakukan pendaftaran merek dagang secara mandiri, akan tetapi beberapa pihak kemungkinan masih merasa kesulitan untuk melakukan hal tersebut tidak ada waktu.

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena kini sudah ada konsultan HKI yang bisa menyajikan solusi yang terbaik. Berikut adalah beberapa cara mendaftarkan merek dengan bantuan konsultan HKI:

• Pastikan Memilih Konsultan HKI yang Tepat

Tidak semua konsultan HKI bisa Anda percayai, oleh karena itu pastikan bahwa Anda memang mencari konsultan yang sesuai seperti Patendo.

• Hubungi Pihak Konsultan HKI

Apabila Anda sudah merasa bahwa pihak konsultan itu bisa dipercaya, maka Anda bisa segera menghubungi mereka pada kontak yang tertera.

Beritahukan kepada mereka mengenai pendaftaran merek dagang yang ingin Anda lakukan, lalu mereka pun akan segera memproses segala hal yang berkaitan dengan hal tersebut.

• Sepakati Harga

Tentunya, Anda harus melakukan pembayaran atas jasa yang sudah diberikan oleh pihak konsultan HKI sehingga Anda dapat menyepakati berapa harga yang harus dibayar.

Lakukan proses pembayaran tersebut sesuai dengan harga yang sudah ditentukan melalui metode yang Anda sukai, baik itu melalui pembayaran secara online atau pembayaran secara tunai.

Manfaat Mengajukan Pendaftaran Merek Dagang

Tidak bisa kita pungkiri lagi, merek dagang pada masa modern adalah salah satu kunci yang paling penting untuk membantu produk perusahaan Anda selalu aman dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa dirasakan jika melakukan pendaftaran merek dagang:

• Membuka Peluang Usaha

Manfaat pertama dari proses pendaftaran merek dagang yaitu hal ini akan sangat membantu Anda dalam memperluas peluang bisnis yang sedang dilakukan.

Bisnis pasti harus selalu berkembang dengan pesat agar Anda tetap memperoleh keuntungan tinggi, dan dengan memiliki merek maka perusahaan Anda akan selalu kokoh berdiri sambil menjangkau lebih banyak konsumen.

• Mudah Diingat oleh Publik

Merek produk yang tidak didaftarkan kemungkinan besar akan sangat mudah untuk hilang dari ingatan khalayak publik.

Sebaliknya, jika Anda memiliki merek dengan identitas yang mumpuni, maka hal itu akan mempermudah publik untuk mengetahui tentang merek Anda dalam waktu yang cukup lama.

• Membedakan diri Dari Pihak Kompetitor

Manfaat yang terakhir yaitu jika Anda mendaftarkan merek, maka hal itu bisa membantu Anda untuk membedakan diri dari pesaing.

Sebab, kompetisi di lapangan akan semakin sulit, sehingga produk Anda harus bisa tampil menonjol apabila dibandingkan dengan produk milik perusahaan lain.

Dengan begitu, maka masyarakat dan publik akan semakin mempercayai kualitas dari produk yang Anda tawarkan. Pendaftaran merek dagang menjadi mudah bersama Patendo.

Bagikan :
Klik Mulai Chat
1
Bisa dibantu?
Scan the code
Nama merek yang telah Anda buat bisa hilang, jika orang lain mendaftarkan merek Anda terlebih dahulu. Segera daftarkan merek Anda sebelum terlambat. Perorangan boleh daftar.

Biaya pendaftaran per merek & logo :
1. Pengecekan merek Rp 100.000 (proses 2 hari kerja)
2. Pendaftaran merek Rp 2.700.000 ( 3 hari akan dapat nomor permohonan pendaftaran merek setelah dokumen ditandatangani)
Merek berlaku 10 tahun dan bisa diperpanjang.

Syarat pendaftaran : logo merek diemail ke cs@patendo.com setelah pengecekan merek selesai.

Langkah awal pengecekan merek, silahkan isi data dibawah ini.
1. Nama merek yang ingin didaftarkan :
2. Jenis barang/jasa/usaha berupa apa :
3. Nama pendaftar :
4. Email :

Nanti akan direply dengan nomer rekening untuk transfer Rp 100.000, bukti transfer segera di W A.

Terima kasih.