021 2237 9620 0853 5122 5081
08.00 – 16.30 WIB cs@patendo.com

Modal Kecil Tapi ingin Membuka Usaha Rental Mobil? Simak Tips-nya di Sini

Modal Kecil Tapi ingin Membuka Usaha Rental Mobil Simak Tips-nya di Sini

Mobil adalah salah satu jenis kendaraan yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Mobil dapat muat banyak orang sekaligus muat banyak barang.

Mobil juga membuat penumpangnya tidak kepanasan atau kehujanan. Oleh karena itu banyak yang memilih mobil dibandingkan dengan kendaraan jenis lainnya.

Namun, tidak semua orang bisa membeli mobil sehingga untuk keperluan yang mendadak atau mendesak banyak yang memilih untuk rental mobil saja dibandingkan dengan membelinya.

Dengan banyaknya masyarakat saat ini yang memilih melakukan rental mobil, banyak sekali perusahaan rental mobil bahkan di setiap daerah pun saat ini ada.

Bagi Anda yang juga ingin membangun usaha rental mobil maka saat ini adalah kesempatan yang tepat.

Namun, apakah bisa membuka usaha ini dengan modal yang kecil? Tenang saja, tips berikut ini dapat menjadi referensi agar Anda tetap dapat membangun usaha dengan modal minimal dan mendapatkan keuntungan yang maksimal:

1. Pilihlah Mobil dengan Merek dan jenis yang Banyak Diminati Oleh Banyak Orang

Tips yang pertama adalah pilih merek dan jenis mobil yang saat ini digemari oleh masyarakat Sebaiknya pilih jenis dan juga merek mobil yang terbaru sehingga yang ingin menyewa mobil di tempat Anda pun puas dengan tampilan mobil yang mereka bawa.

Hindari memilih mobil yang merek atau jenisnya sudah jadul (bukan klasik) sebab banyak yang tidak percaya diri memakainya sehingga Anda malah rugi sudah membelinya malah tidak ada yang mau menyewa mobil tersebut.

Pilih model-model yang terbaru sehingga para penyewa lebih memilih usaha rental Anda dibandingkan dengan rental yang lain. Anda juga bisa menyediakan jenis dan juga merek yang beragam sehingga para penyewa dapat memilih mobil yang mereka sukai dengan lebih mudah.

1. Sebaiknya Jangan Membeli Mobil Bekas jika Kualitasnya Tidak Bagus

Selanjutnya, sebaiknya hindari membeli mobil bekas apalagi jika kualitasnya tidak benar-benar terjamin bagus. Namanya mobil bekas pasti performanya juga tidak akan sebaik mobil yang baru sehingga lebih baik jangan.

Sebab, jika sampai ternyata ada kerusakan maka Anda hanya akan banyak mengeluarkan uang untuk perbaikannya.

Berbeda dengan mobil yang baru, performanya masih sangat baik. Jika ada kesalahan atau kerusakan yang berkaitan dengan produksi pun Anda masih diberikan garansi sehingga tidak perlu mengeluarkan modal yang sangat banyak hanya untuk perawatan mobil tersebut.

1. Anda Bisa Membelinya Secara Kredit yang Memberikan Fasilitas Bunga dan Uang Muka Kecil

Untuk membeli mobil dengan kualitas yang sangat bagus dan banyak tentunya modalnya harus sangat besar bukan? Hal ini tentu sangat berbanding terbalik dengan pembahasan kita yang mengarah dan terfokus pada modal yang kecil.

Oleh karena itu, bagi Anda yang memiliki modal kecil tidak perlu berkecil hati sebab Anda tidak hanya bisa membeli dengan uang tunai, saat ini banyak sekali perusahaan yang memberikan fasilitas kredit sehingga Anda tidak perlu memiliki uang yang banyak.

Pilih perusahaan yang memberikan fasilitas kredit dengan bunga yang rendah serta memberikan fasilitas uang muka yang kecil. Jadi, Anda dapat memiliki berbagai jenis mobil dan juga dengan kualitas yang bagus dengan modal yang tidak terlalu besar dan bisnis Anda pun akan sangat lancar.

1. Bangun Usaha Anda di Daerah dengan Sektor Pariwisata yang Sangat Banyak dan Strategis

Yang berikutnya adalah penentuan lahan yang tepat. Anda perlu mempersiapkan lahan yang berpotensi mengundang berbagai masyarakat untuk melakukan penyewaan mobil tersebut. lebih baik jika Anda membangun usaha Anda tersebut di daerah dengan sektor pariwisatanya yang banyak.

Mengapa demikian? Sebab banyak wisatawan yang saat ini memilih menginap dan ingin jalan-jalan dengan mobil pribadi untuk mempermudah dan mempercepat langkah. Oleh karena itu, dengan membuka usaha di daerah tersebut maka Anda dapat mendapatkan banyak pelanggan.

Daerah di Indonesia yang memiliki sektor pariwisata yang banyak dan strategis misalnya di Yogyakarta, Bali, Bandung, maupun di Jakarta yang walaupun bukan tempat wisata akan tetapi kebutuhan akan penyewaan mobil ini sangat tinggi sehingga sangat strategis.

1. Daftarkan Semua Mobil Anda pada Perusahaan Asuransi

Jangan lupa untuk mendaftarkan mobil-mobil Anda pada perusahaan asuransi karena hal ini sangat penting apalagi yang Anda sewakan ini bukan barang yang murah.

Anda dapat mendaftarkan kepada perusahaan asuransi usaha yang akan melindungi usaha Anda dari berbagai jenis kerusakan atau kehilangan baik karena kecelakaan atau pencurian.

Saat ini ada banyak selai perusahaan asuransi yang memberikan fasilitas yang terbaik dengan premi yang ringan sehingga Anda tetap terlindungi tanpa perlu menanggung risiko yang besar jika terjadi masalah dalam usaha Anda.

Anda bisa mengikuti asuransi dari perusahaan kredit mobil yang Anda pilih atau menggunakan jasa asuransi lain yang memberikan jaminan bukan hanya pada mobil akan tetapi juga pada tenaga kerja yang Anda miliki.

1. Tetapkan Regulasi Rental Mobil Secara Profesional

Regulasi dalam bisnis rental seperti ini sangat penting dan harus digagas sejak awal secara profesional. Anda dapat mencari beberapa saran dari senior yang lebih berpengalaman sehingga Anda dapat menentukan regulasi yang benar-benar tidak merugikan Anda maupun para pelanggan.

Regulasi ini penting dibuat untuk mengurangi risiko terjadinya kehilangan mobil karena pelanggan yang naka. Berikut beberapa regulasi yang dapat Anda gunakan dan dapat dikembangkan lagi :

a. Pertama, terapkan surat perjanjian yang telah ditandatangani dengan menggunakan materai asli

b. Berlakukan penahanan kartu tanda penduduk asli selama penyewaan

c. Berikan formulir biodata asli mengenai si penyewa

d. Pasang alat pelacak GPS pada mobil yang Anda sewakan.

Karena saat ini marak sekali pemalsuan KTP sebaiknya Anda juga tidak boleh percaya seutuhnya dengan kartu KTP tersebut. Anda dapat mengecek secara online menggunakan NIK penyewa dengan memanfaatkan website dukcapil di berbagai daerah sesuai domisili penyewa.

Mengapa KTP ini penting? Sebab dengan identitas asli pengguna maka jika sampai mobil hilang Anda dapat membawa orang tersebut ke jalur hukum dan jika KTP nya palsu maka Anda tidak akan bisa melacak orang tersebut malah menjadi salah sasaran.

1. Atur Strategi Pemasaran yang Tepat Sasaran

Walaupun memiliki mobil yang banyak dan regulasi yang sudah apik jika tidak melakukan pemasaran tentunya usaha Anda tidak akan dikenal masyarakat.

Oleh karena itu, Anda perlu melakukan pemasaran. Baik secara online atau secara offline. Saat ini memang paling mudah, murah, dan efektif adalah dengan cara pemasaran online.

1. Kelola Keuangan dengan Baik dan Benar

Anda juga harus mengatur keuangan dengan baik dan benar, manfaatkan software akuntansi sehingga lebih akurat dan dapat digunakan sebagai tolok ukur perkembangan usaha. Jangan sampai ada yang salah dalam pengelolaan keuangan sebab dapat berakibat sangat fatal.

Bagikan :
There are currently no comments.