021 2217 2410 0853 5122 5081
08.00 – 16.30 WIB cs@patendo.com

Inilah Cara Membuat Merek Terkenal untuk Produk Usaha

Inilah Cara Membuat Merek Terkenal untuk Produk Usaha

Anda pasti tahu bahwa merek terkenal cukup banyak peminatnya. Lantas, bagaimana cara membuat merek terkenal untuk produk usaha Anda? Pastinya Anda juga ingin memiliki produk dengan merek dagang sendiri dan terkenal sampai dicari oleh setiap konsumen.

Nah, inilah beberapa cara yang dapat membuat produk Anda dikenal luas.

1. Nama

Apa yang dimaksud dengan merek? Merek atau branding atau nama dagang ini merupakan sebutan untuk menunjukan sebuah identitas perusahaan, produk maupun jasa.

Branding juga dibutuhkan guna memberi petunjuk asl dan manfaat dari sebuah produk sehingga nantinya mudah dibedakan dengan produk sejenis lainnya di pasaran.

Pemberian nama sebuah produk harus turut mempertimbangkan beberapa unsur penting yang tentunya tidak layak untuk diabaikan.

Pastikan merek tersebut dicetuskan langsung oleh perusahaan tersebut, bukan merupakan modifikasi dari merek lain atau parahnya lagi mengambil merek yang sudah ada.

Masing-masing branding telah memiliki ikatan hukum tersendiri sehingga akan bermasalah jika Anda mengambil merek dagang produk lain. Oleh karena itu cobalah untuk memikirkan nama yang unik dan cocok dengan produk Anda.

Jangan mengambil nama yang terlalu sulit diingat dan diucapkan. Apabila merek yang diberikan terlalu umum maupun terlalu rumit maka konsumen akan sulit mengenali produk Anda.

1. Logo

Selain nama produk, Anda juga harus mempersiapkan logo. Ilustrasi grafis yang digunakan sebagai identitas perusahaan tersebut juga dikenal sebagai nama, simbol serta hak atas merek dagang atau warna yang telah ditetapkan.

Tujuan dari logo ini adalah guna mencegah peniruan di mana juga dijadikan sebagai tanda kepemilikan mengenai kualitas dan nilai produk.

Sebaiknya sebelum merancang logo produk, Anda harus melakukan riset terlebih dahulu. Langkah ini berguna agar Anda tidak asal membuat logo sehingga tidak mempertimbangkan beberapa karakter dari produk.

Apabila salah riset maka akan terdapat kelemahan pada karakter logo yang akan dibuat. Oleh karena itu jangan pernah menyepelekan tahap riset ini sebelum mendesain logo.

Pemilihan warna logo juga harus dipertimbangkan. Warna menjadi hal yang cukup menarik perhatian konsumen sehingga sebelum menuangkan warna pada logo maka sebaiknya memprtimbangkan beberapa aspek.

Bentuk logo juga tidak bisa sembarangan, Anda harus menampilkan bentuk yang khas dengan produknya.

1. Grafik

Maksud dari grafik di sini adalah bentuk font atau huruf yang digunakan dalam proses pembuatan branding di microsoft word. Contohnya seperti Walt Disney yang mana grafik brand-nya sangat legendaris sama dengan Coca Cola.

Hal yang seperti inilah dianggap penting karena konsumen langsung tahu merek tersebut meskipun dengan melihat bentuk hurufnya saja. Elemen ini membuktikan bahwa salah satu teknik dalam proses pembuatan merek agar lebih cepat dikenal adalah dengan memberikan kesan yang mudah diingat.

1. Bentuk

Kembali lagi pada produk Coca Cola yang mana botol kemasannya cukup khas sehingga orang langsung bisa mengenalnya hanya dengan melihat bentuk dari botolnya saja.

Bentuk tersebut membentuk sebuah identitas hak merek yang sangat kuat sehingga layak dijadikan sebagai brand ternama dan dikenal luas.

Jika diperhatikan lagi, ada pula bentuk dari produk Apple yang meskipun cukup bervariasi namun selalu menampilkan kesan minimalis dan elegan. Itu merupakan ciri khas yang tidak dapat dipisahkan dari brand tersebut.

1. Warna

Ada beberapa merek yang sangat mempertimbangkan warna produk sebagai bentuk dari identitasnya. Contohnya adalah Greenpeace di mana warna tersebut sangat alami dan natural seperti coklat maupun hijau.

Kemudian ada pula Coca Cola dengan katar warnanya yang sangat identik yakni merah. Kesan dari warna-warna tersebut dapat dirasakan langsung oleh konsumen sehingga warna tersebut juga akan mudah diingat.

Sama halnya dengan seseorang yang kerap kali mengenakan pakaian dengan warna yang hampir mirip setiap harinya, maka orang sekitarnya akan mudah mengenali ketika seseorang tersebut bahkan berada di tempat lain.

1. Suara

Anda pasti sering mendengar iklan dengan jargon atau jingle tertentu namun khas, bukan? Nah, jika Anda ingin produk tersebut dikenal luas dalam waktu singkat, maka cobalah untuk membuat sebuah jingle.

Gambaran dari sebuah iklan tersebut dalam direalisasikan dalam bentuk musik sehingga mudah dikenal. Berikan makna atau pesan-pesan menarik berkaitan dengan produk yang dipromosikan.

Bagusnya lagi jika Anda menggunakan brand ambassador sebagai sosok terkenal yang mudah memberikan pengaruh kepada konsumen di luar sana.

Contoh seperti Kai EXO salah satu member boyband Korea yang menjadi brand ambassador GUCCI. Bayangkan peningkatan pendapatan GUCCI di seluruh dunia dengan pengaruh Kai EXO di mana fansnya berjumlah ratusan juta di seluruh dunia. Ini merupakan langkah yang bagus dan tepat untuk membawa produk Anda agar naik tingkat.

1. Aroma

Mungkin ini merupakan salah satu elemen yang jarang disadari oleh kebanyakan orang. Padahal Chanel sendiri telah menggunakan ini untuk produknya no. 5 dengan paduan aroma mawar dan musk sebagai hak paten dari merek dagangnya.

Jika Anda ingin, maka bisa menggunakan aroma lainnya sebagai tanda bahwa produk Anda asli dan original.

1. Citarasa

Salah satu produk yang telah dikenal luas adalah Kentucky Fried Chicken, menu siap saji ini dikenal dengan alasan cita rasanya yang khas dan lezat. Kabarnya ayam goreng ini diracik dengan menggunakan 11 macam bumbu dan rempah rahasia terbaik.

Hal ini membuktikan bahwa citarasa juga bisa menjadi merek dagang yang tepat selain logo dan warna. Apabila Anda ingin menggunakan cita rasa sebagai merek dagang maka coba membuat produk makanan dengan bumbu khas nusantara dan tentunya harus dirahasiakan pula.

Mengapa merek dianggap penting? Ada beberapa alasan mengapa merek itu bisa dianggap penting yakni dengan adanya merek maka setiap produk bisa dibedakan.

Terkadang ada banyak produk serupa yang sulit dibedakan apalagi nama brandnya juga hampir serupa, maka dari itu Anda disarankan untuk menggunakan brand yang unik dan sulit dilupakan oleh konsumen.

Merek produk juga dapat menambah nilai karena para konsumen biasanya melihat merek sebagai sebuah tolak ukur untuk penilaian produk.

Tidak hanya itu, image produk dengan merek yang meyakinkan juga dapat meningkat drastis. Merek yang dikenal banyak orang umumnya lebih dipercaya, apalagi jika asal usul produk tersebut bisa diusut dengan baik.

Nah, jika Anda ingin membuat suatu produk dengan merek terbaik, maka pikirkan sejak dini kira-kira merk apa yang bisa Anda sematkan pada produk pertama kelak.

Jangan lupa untuk mempertimbangkan beberapa hal di atas, siapa yang tahu jika produk Anda bisa merambah dunia usaha manca negara dan digunakan oleh kalangan selebritis internasional. Tidak ada salahnya berandai-andai jika dilakukan sambil berusaha.

Anda bisa tahu kapan harus memulai untuk menyematkan merek pada produk dan seperti apa logo yang nantinya digunakan. Semoga ulasan singkat mengenai cara membuat merek terkenal di atas dapat membantu Anda. Selamat mencoba.

There are currently no comments.