021 2237 9620 0853 5122 5081
08.00 – 16.30 WIB cs@patendo.com

Ingin Berhasil Menjadi Pengusaha? Ikuti 8 Cara Membangun Usaha Dari Nol

Ingin Berhasil Menjadi Pengusaha Ikuti 8 Cara Membangun Usaha Dari Nol

Lowongan kerja saat ini semakin sulit diperoleh, apalagi kondisi pandemi yang kian mengancam dari segala aspek termasuk pekerjaan. Oleh karena itu Anda bisa memilih untuk menjadi seorang pengusaha agar tetap ada pemasukan harian.

Pengusaha sukses tidak terlepas dari kiat-kiat usaha yang dilakukan. Ikuti 8 cara membangun usaha dari nol berikut ini!

1. Meyakinkan Diri Sendiri

Permulaan yang harus Anda lakukan adalah yakin terhadap diri sendiri. Keyakinan ini terkait kemampuan dirimu sendiri dalam mengelola usaha tersebut. Memantapkan hati sebelum memutuskan pilihan memang perlu apalagi jika Anda ingin mengambil langkah besar seperti memulai usaha dari nol.

Jika tidak ada keyakinan yang kuat maka Anda akan mudah dijatuhkan oleh keadaan yang terkadang tidak berpihak kepada Anda.

Kebanyakan orang malah semakin terpuruk jika tidak kuat menghadapi rintangan yang satu ini. Kendati demikian, Anda tidak boleh pesimis karena tidak ada hasil yang menghianati usaha.

Alih-alih gagal, Anda harus mematahkan kegagalan tersebut dengan tombak percaya diri dan ilmu pengetahuan untuk mempertahankan usaha tersebut. Dijamin usaha tersebut akan mencapai sukses di saat semuanya telah dimodifikasi dan diatur sedemikian rupa dengan percaya diri.

1. Pastikan Model Bisnis yang Dijalankan

Pertimbangan lainnya yang harus dilakukan adalah memastikan model bisnis. Pikirkan bisnis seperti apa yang ingin Anda mulai dan yakinkan diri Anda bahwa bisnis tersebut sesuai untuk dijalankan. Jika Anda tidak yakin atau masih setengah hati, maka sebaiknya pilih bisnis lainnya.

Tanpa kemantapan hati, bisnis sebagus apapun tidak akan berjalan dengan baik. Saat ini telah banyak media yang bisa Anda jadikan referensi guna mengawali bisnis dengan model yang tepat. Ada banyak tren bisnis yang sedang berkembang di mana Anda bisa memilih satu di antaranya untuk permulaan yang pasti.

1. Out of The Box

Jangan pernah punya pikiran bahwa Anda harus selalu berada di area yang aman. Maksudnya Anda selalu menghindari berbagai inovasi yang seharusnya menjadi langkah baru dalam memulai bisnis.

Berani mengambil resiko ketika memilih jalan yang unik dan berbeda dari orang lain sebenarnya adalah awal yang penuh cahaya bagi Anda. Tidak ada pebisnis yang sukses tanpa berpikir positif dan kreatif. Ana bisa mengambil contoh dari bisnis transportasi online.

Pebisnis tersebut berusaha menangkap peluang di mana bisnis ini kedepannya menjadi sebuah solusi dalam kehidupan masyarakat urban. Nah Anda juga bisa berpikiran lebih jauh seperti itu agar langkah tersebut menjadi peluang Anda satu-satunya dan tidak bisa diraih oleh orang lain.

Setidaknya Anda-lah yang merupakan pelopor pertama pada bidang tersebut. Seperti itulah para pebisnis sukses berpikir kreatif.

1. Visi dan Misi Jelas

Perencanaan bisnis yang matang juga memiliki dampak positif terhadap perkembangan bisnis kedepannya.

Jadi, mulailah untuk merancang visi dan misi yang jelas agar perusahaan memiliki fleksibilitas serta inovasi bisnis yang bernyawa. Jangan lupa pula untuk merancang visi dan misi yang sesuai dengan usaha yang sedang Anda rintis.

Visi dan misi dapat memberikan penilaian pada sebuah perusahaan, apalagi usaha yang baru dirintis. Adanya visi misi inilah yang menghasilkan standar kerja yang optimal terhadap karyawan. Selain itu karyawan lebih merasa dibutuhkan dan harus berusaha menghasilkan kinerja terbaik sesuai dengan visi dan misinya.

Dengan begitu pula karyawan akan lebih bersemangat untuk kerja dan memegang teguh komitmen sebagai pekerja.

1. Organisir Diri Sendiri

Memulai usaha bukanlah hal yang mudah, namun juga bukan pula hal yang sulit, kuncinya ada pada diri Anda sendiri. Pastikan Anda mampu mengorganisir diri sendiri sebelum mengelola perusahaan, apalagi cita-cita Anda adalah memiliki perusahaan yang levelnya tinggi dan pastinya lebih sukses.

Organisir diri sendiri merupakan modal awal yang tanpa mengeluarkan biaya pun bisa dilakukan. Secara sederhana, Anda harus mampu mengatur seluruh elemen yang ada dalam bisnis Anda agar berjalan lebih pasti dan tepat.

Lihatlah contoh dari beberapa pemilik usaha di mana secara pribadi mereka memiliki kesan yang tegas dan mampu mengatur seluruh elemen usahanya. Meskipun penampilan mereka tidak terlalu mencolok, tapi aura dan karakteristiknya tampak dengan jelas.

1. Fokus Pada Satu Bisnis

Jika Anda baru saja memulai bisnis, maka pastikan fokus pada satu bidang bisnis saja. Mengapa? Mengelola banyak bisnis ketika baru terjun dalam dunia usaha akan membuat Anda kelabakan.

Jangan terlalu serakah, fokus pada satu bisnis saja dengan pengelolaan yang tepat juga akan menghasilkan keuntungan yang lumayan besar.

Pastikan Anda melangkah dengan pelan tapi pasti, karena terburu-buru akan tampak seperti serakah dan berakhir menyedihkan akibat tidak lihai mengelola usaha.

Belajar mengelola bisnis terlebih dahulu dan mulai untuk membuka cabang serta bisnis lainnya ketika sudah berhasil pada bisnis awal.

Jangan terburu-buru menggandakan keuntungan dengan bisnis kedua, pastikan semua stabil dan berjalan baik dari segi modal, sumber daya manusia maupun kebutuhan lainnya.

Setelahnya barulah Anda bisa membuka bisnis lainnya dan menerapkan pengelolaan terbaik. Dijamin bisnis berjalan lancar dan Anda akan meraup keuntungan di atas rata-rata.

1. Siap Hadapi Kemungkinan Terburuk

Dunia bisnis bisa dikatakan sebagai dunia yang kejam, mengapa? Ada kalanya Anda sangat diuntungkan dan ada pula saatnya ketika Anda sangat dirugikan sampai terpuruk. Tunggu dulu, siapa yang terpuruk? Ada, mereka yang cepat merasa putus asa.

Nah, disinilah mental Anda diuji. Seorang pebisnis harus tidak boleh punya mental yang lemah di mana sekali gertak langsung down.

Pebisnis yang berhasil itu adalah mereka yang tidak kata menyerah, bahkan dengan kemungkinan terburuk sekalipun. Jika ingin menjadi seorang pebisnis handal maka Anda harus mempersiapkan hal ini jauh-jauh hari.

Lucu saja ketika Anda memperoleh kerugian dalam sekali waktu malah langsung tutup usaha. Padahal kerugian tersebut diakibatkan oleh berbagai alasan, bukan hanya karena kondisi perusahaan dan pasar yang memburuk. Segala risiko itu pasti ada, tinggal Anda saja yang harus siap menghadapinya.

1. Terima Kritikan

Siapapun, baik itu pebisnis maupun bukan tetap harus bisa menerima kritikan dari pihak manapun. Jangan tersinggung apabila ada yang mengkritik dengan cara yang tidak enak didengar. Anda hanya perlu pasang telinga dan pastikan seluruh kritikan yang disuarakan tersebut membangun.

Setelahnya barulah Anda bergerak agar bisa memperbaiki hal yang dianggap salah dan kurang berkenan dari usaha tersebut.

Rahasia sukses itu adalah proses belajar di mana Anda selalu memiliki pikiran yang terbuka terhadap segala kritikan. Melakukan evaluasi pada kekurangan perusahaan Anda bukan merupakan tindakan yang salah, loh.

Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk memulai bisnis dari nol? Peluang bisnis saat ini sangat banyak, Anda hanya perlu memilih salah satunya untuk langkah awal membuka pikiran dan keberanian Anda dalam dunia bisnis. Selama bergabung!

There are currently no comments.