021 2237 9620 0853 5122 5081
08.00 – 16.30 WIB cs@patendo.com

Cara Membuka Toko Online untuk Pemula

Cara Membuka Toko Online untuk Pemula

Membuka toko online jadi pilihan banyak orang untuk mendapatkan passive income. Memulai bisnis online pun terbilang mudah. Anda tak harus memiliki modal besar maupun keterampilan khusus. Selama Anda mempunyai koneksi internet, Anda sudah bisa membuka toko online sendiri.

Meski begitu Anda butuh panduan cara membuka toko online yang tepat agar bisnis yang Anda rintis mendatangkan keuntungan berlimpah. Terlebih lagi jika Anda masih pemula dalam berbisnis.

Panduan membuka toko online akan memudahkan Anda dalam menentukan strategi untuk mengembangkan usaha.

Mulai Toko Online Anda dengan Mindset yang Tepat

Tahap awal untuk membuka toko online adalah memiliki mindset bisnis online yang tepat. Tanpa mindset yang benar usaha Anda akan sulit berkembang. Setidaknya terdapat tiga poin dalam membangun mindset berbisnis yang tepat.

● Tidak berharap cepat kaya dan sabar melewati proses

Di dunia ini tidak ada yang instan. Semua membutuhkan proses. Termasuk toko online Anda. Ada serangkaian alur yang harus Anda lalui dalam membangun toko online. Oleh karenanya, jangan pernah berharap cepat kaya melalui bisnis online yang baru Anda rintis.

● Kegagalan bukanlah akhir dari bisnis Anda

Kegagalan adalah hal lumrah ketika Anda memulai bisnis online. Tapi, bukan berarti kegagalan menjadi akhir dari usaha Anda. Untuk memulai bisnis online Anda harus bangkit dari setiap kegagalan yang terjadi.

● Rezeki setiap orang telah diatur porsinya

Poin terakhir dalam membangun mindset yang tepat ialah memahami bahwa setiap rezeki telah diatur porsinya. Besar kecil keuntungan yang Anda dapatkan tidak bisa Anda bandingkan dengan toko online lainnya. Sebab masing-masing orang memiliki porsi rezeki yang berbeda-beda.

Riset Pasar dan Menentukan Target Pasar sebelum Membuka Toko Online

Riset pasar adalah aspek penting yang tidak boleh dilewatkan jika Anda ingin membuka toko online. Melalui riset Anda bisa mengenali masalah pasar. Sehingga Anda dapat menyediakan produk sesuai dengan kebutuhan pasar.

Produk yang sesuai kebutuhan pasar memiliki peluang laku lebih besar dibanding produk yang tidak dibutuhkan.

Anda bisa melakukan observasi untuk mengetahui produk apa yang paling dibutuhkan pasar. Observasi bisa dilakukan secara langsung dengan terjun ke lapangan, observasi di sosial media, observasi di marketplace, hingga observasi di forum review.

Jika sudah, tentukanlah target market toko online Anda. Menentukan target market sejak awal membuka toko online akan memudahkan Anda dalam melakukan promosi produk.

Dalam menentukan target market Anda bisa menggunakan empat poin penting, yaitu demografi, minat, perilaku, dan goal.

Sebelum Membuka Toko Online Lakukan Analisis Kompetitor

Cara membuka toko online berikutnya adalah melakukan analisis kompetitor. Analisis dapat Anda lakukan pada kelebihan kompetitor, cara kompetitor mendekati konsumen, hingga kekurangan kompetitor Anda.

Selama melakukan analisis kelompokkanlah kompetitor Anda ke dalam tiga kategori. Yakni kompetitor utama, kompetitor sekunder, dan kompetitor tersier bisnis Anda. Kompetitor utama adalah mereka yang memiliki target pasar dan produk serupa dengan toko online Anda.

Sementara kompetitor sekunder adalah mereka yang menjual produk serupa namun dengan target pasar berbeda dari toko online Anda.

Sedangkan kompetitor tersier adalah toko online yang menjual produk yang berhubungan dengan toko online Anda namun tidak memiliki target pasar yang sama dengan Anda.

Analisis kompetitor bisa dimulai dengan mengunjungi website kompetitor, sosial media kompetitor, dan melihat review kompetitor.

Ketika mengunjungi website dan sosial media kompetitor, perhatikan strategi pemasaran yang digunakan, fitur yang disediakan pada website, katalog produk, hingga seberapa lama loading yang dibutuhkan website kompetitor. Aspek lain yang tidak boleh dilupakan adalah melakukan perbandingan harga dengan kompetitor.

Siapkan Produk atau Jasa untuk Toko Online Anda

Setelah memiliki mindset tepat, melakukan riset pasar, dan melakukan analisis kompetitor, mulailah menyiapkan produk untuk toko online Anda.

Ada tiga cara yang bisa Anda pilih untuk menyediakan produk, yaitu dengan membuat produk sendiri, membeli produk orang lain untuk dijual ulang, maupun dengan sistem dropship, reseller, atau affiliate marketing.

Selanjutnya pilihlah jenis produk yang akan Anda tawarkan, apakah produk berbentuk fisik atau produk digital. Bagi Anda yang memilih sistem affiliate marketing untuk toko online, siapkanlah pendaftaran di marketplace yang memiliki program affiliate.

Landing Page, Katalog, dan Website Toko Online

Landing page, katalog dan website adalah tiga unsur penting untuk toko online Anda. Website dan landing page akan menjadi toko untuk bisnis Anda sekaligus tempat untuk memajang katalog produk.

Untuk menjangkau lebih banyak konsumen, Anda dapat bergabung dengan marketplace yang ada di Indonesia. Selain itu Anda dapat membangun branding toko online melalui sosial media seperti Facebook dan Instagram.

Strategi Pemasaran untuk Toko Online

Tahap selanjutnya untuk membuka toko online adalah menyusun strategi pemasaran. Karena bisnis Anda berbasis online maka kenali ragam pemasaran digital untuk mendongkrak pendapatan. Strategi pemasaran yang bisa Anda lakukan diantaranya adalah:

● Optimasi SEO

SEO atau Search Engine Optimization adalah strategi pemasaran yang paling banyak digunakan para pelaku bisnis.

Dengan optimasi SEO website toko online Anda bisa menempati peringkat pertama pada mesin pencarian. Sehingga peluang toko online Anda dikenal banyak orang pun semakin besar. Untuk melakukan optimasi SEO Anda bisa menggunakan jasa SEO terpercaya.

 

● Maksimalkan sosial media

Jumlah pengguna sosial media terus mengalami peningkatan setiap saat. Oleh sebab itu, memaksimalkan penggunaan sosial media Anda untuk menjaring lebih banyak konsumen.

Meski begitu, Anda harus tetap merencanakan strategi pemasaran yang tepat melalui sosial media supaya berdampak signifikan.

● Gunakan Google Bisnisku

Strategi pemasaran yang terakhir adalah dengan Google Bisnisku. Google Bisnisku merupakan fitur yang berguna untuk mempermudah calon konsumen mengetahui segala informasi tentang toko online Anda.

Fitur ini bisa dibilang sebagai cara promosi paling jitu kepada calon konsumen. Sebab mereka dapat mengetahui alamat email, nomor telepon, jam operasional, hingga review pelanggan pada toko online Anda.

Pertahankan Pelanggan Setia Toko Online Anda

Pelanggan adalah unsur terpenting dalam perkembangan toko online Anda. Entah itu pelanggan baru atau pelanggan lama, kedudukan mereka sama pentingnya. Selain menyusun strategi pemasaran untuk mendapatkan pelanggan baru, pertahankanlah pelanggan setia toko online Anda.

Mempertahankan pelanggan baru dapat Anda lakukan melalui beberapa upaya, seperti menyediakan customer support, loyalty card, hingga email marketing.

Bahkan melalui email marketing Anda dapat berkomunikasi secara lebih personal kepada pelanggan lama. Selain itu email marketing juga berfungsi sebagai media promosi untuk menjaring konsumen baru.

Cukup mudah bukan cara membuka toko online di atas? Dengan adanya panduan lengkap dan mudah ini Anda bisa memulai toko online sejak sekarang. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda dan selamat mengaplikasikan panduan toko online di atas.

There are currently no comments.