021 2237 9620 0853 5122 5081
08.00 – 16.30 WIB cs@patendo.com

Beginilah Cara Memulai Bisnis Distro Agar Sukses

Beginilah Cara Memulai Bisnis Distro Agar Sukses

Sejatinya anak muda memanglah tidak bisa dijauhkan dari yang namanya mode. Bagi anak muda mode dan style menjadi hal penting yang harus diperhatikan di setiap penampilan mereka. Nah, oleh karena hal tersebut jugalah banyak anak-anak muda yang mendirikan distro.

Hal tersebut dilatarbelakangi karena melalui distro ini anak-anak muda bisa memanjakan diri mereka. Disana mereka bisa memilih sepatu, tas, baju, jeans, jaket, topi dan berbagai aksesoris lainnya yang sesuai dengan mode yang sedang trend.

Bisnis distro ini sudah sangat berkembang di Indonesia, terlebih lagi di kota-kota besar yang ada di Indonesia. Keberadaan distro ini menjadi salah satu trendsetter tatanan busana bagi para anak muda.

Distribution store atau yang sering disingkat menjadi distro ini merupakan salah satu jenis toko yang menjual pakaian serta aksesoris yang pada umumnya diterapkan oleh pembuat pakaian, tak jarang pula barang-barang yang dijual di distro ini merupakan hasil produksi sendiri.

Biasanya distro ini merupakan Industri Kecil Menengah atau IKM yang biasanya mengusung brand sendiri yang kemudian dikembangkan di kalangan muda.

Produk yang ada di distro biasanya tidak diproduksi dalam jumlah yang besar, hal ini untuk menjaga sifat barang-barang distro yang eksklusif dan juga original.

Jika anda tertarik untuk memulai bisnis distro, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan. Berikut adalah beberapa hal yang perlu anda perhatikan:

Hilangkan Pola Pikir Bisnis Distro Itu Sulit

Pola pikir dimana memulai bisnis distro merupakan hal yang sulit dilakukan adalah pola pikir yang umum dimiliki oleh masyarakat Indonesia.

Mereka beranggapan seperti itu karena mereka menyadari bahwa dunia clothing bukanlah dunia yang sederhana, ditambah lagi dengan banyaknya saingan yang sama-sama ingin membuka bisnis yang bergerak dibidang yang sama.

Hal tersebutlah yang kadang-kadang membuat pengusaha pemula menjadi tidak percaya diri dan minder.

Padahal pola pikir yang seperti itu merupakan pola pikir yang sangat salah. Karena faktanya bisnis distro merupakan salah satu peluang bisnis yang menawarkan keuntungan besar dan menariknya lagi bisnis ini bisa dimulai dengan modal yang sangat sedikit. Jika anda benar-benar mencoba bisnis ini anda bisa memulainya dengan modal awal 1 hingga 2 juta.

Memulai Bisnis Distro Dengan Modal Kolektif

Bagi anda yang terkendala modal ketika memulai bisnis distro, anda bisa memulai bisnis anda dengan modal kolektif. Modal kolektif ini adalah modal yang dikumpulkan dari beberapa orang yang anda ajak mendirikan bisnis distro bersama-sama.

Hal ini tentu akan sangat membantu sekali bagi anda. Karena anda tidak harus mati-matian mencari modal sendiri. Jadi, jika anda kesulitan mencari modal sendiri untuk bisnis anda maka anda bisa mencoba mengajak teman-teman anda bekerja sama dan mengumpulkan modal secara kolektif.

Cara Membuat Desain Kaos Distro

Sebelum anda membuat desain untuk kaos distro anda maka ada hal penting yang harus anda perhatikan terlebih dahulu yaitu konsep. Konsep inilah yang akan menjadi pondasi dari desain-desain produk distro anda.

Carilah konsep yang memiliki ciri khas atau nilai yang lebih karena orang-orang akan menyukai hal-hal yang seperti itu. Ketika anda sudah menemukan konsep dari produk-produk distro anda, maka hal selanjutnya yang harus anda lakukan adalah membuat desain.

Membuat desain untuk sebuah produk juga tidak boleh asal-asalan. Karena setiap hal pasti ada ilmunya.

Untuk membuat desain kaos distro anda bisa menggunakan beberapa aplikasi yang user friendly seperti Corel Draw, Adobe Photoshop, Adobe Illustrator dan masih banyak lagi aplikasi lainnya. Tuangkan konsep dan ide-ide yang anda miliki ketika membuat desain untuk kaos anda.

Cara Memulai Bisnis Distro

Jika ada benar-benar ingin memulai bisnis distro anda maka ada beberapa hal yang harus anda perhatikan misalnya anda harus mengetahui trend fashion yang sedang hits sekarang ini, anda juga harus mengembangkan pengetahuan anda tentang dunia fashion dari tahun ke tahun.

Nah, berikut dibawah ini adalah tips untuk pemula yang ingin bisnis distro mereka sukses:

Siapkan modal yang cukup

Salah satu hal yang paling dibutuhkan ketika akan memulai sebuah bisnis adalah modal. Jika anda tidak memiliki modal yang cukup maka besar kemungkinan bisnis yang anda jalankan akan gagal.

Namun, itu bukan berarti bahwa anda harus mengeluarkan modal yang sangat besar, terutama ketika anda ingin memulai bisnis distro. Jika anda belum memiliki modal yang banyak maka anda bisa memulai bisnis distro anda secara kecil-kecilan.

Setelah dirasa anda memiliki modal yang lebih banyak dan cukup maka anda bisa mulai mengembangkan bisnis anda. Alternatif lainnya adalah anda bisa membangun distro ada dengan modal kolektif. Dimana anda bisa mengajak teman-teman anda untuk melakukan kerja sama.

Harga terjangkau

Hal lain yang harus anda perhatikan adalah harga produk yang akan anda jual. Banyak distro yang gulung tikar karena pada umumnya produk yang mereka jual di bandrol dengan harga yang mahal.

Karena kebanyakan target pasar distro adalah para remaja yang kelas ekonominya belum mapan maka alangkah baiknya jika produk yang anda jual dibandrol dengan harga yang terjangkau. Namun tetap dengan kualitas produk yang bagus ya.

Tidak apa-apa untung sedikit asalkan bisnis anda dapat berjalan dengan lancar. Toh sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit.

Lokasi yang strategis

Lokasi sangat berpengaruh sekali terhadap bisnis apapun. Ketika anda membuka distro anda di tempat yang strategis maka besar kemungkinannya distro anda akan ramai.

Begitu juga sebaliknya, ketika anda membuka distro di tempat yang kurang strategis maka mungkin sekali distro anda akan sepi pengunjung. Mengapa demikian? Karena pada umumnya orang-orang lebih menyukai tempat-tempat yang ramai dan strategis.

Maka ada baiknya jika anda membuka distro anda di tempat yang strategis seperti di pusat kota, di dekat perempatan jalan raya, atau di tempat-tempat yang sering menjadi lalu lintas banyak orang.

Target Pemasaran

Hal yang tak kalah penting ketika memulai bisnis distro adalah menentukan target pemasaran. Jika target pasar anda adalah para remaja dan anak muda maka anda harus menyiapkan produk yang sesuai dengan target pasar anda.

Tidak hanya itu saja, anda juga harus menjual produk anda dengan harga yang bisa dijangkau oleh target pasar anda.

Promosi

Agar distro anda dikenal oleh banyak orang maka anda harus melakukan kegiatan promosi. Sekarang ini promosi dapat dilakukan melalui berbagai macam platform media sosial. Promosikan distro anda dengan cara yang semenarik mungkin.

Semakin bagus kegiatan promosi anda maka akan semakin banyak pula orang-orang yang tahu distro anda. Dengan begitu akan semakin banyak pula orang-orang yang akan datang ke distro anda.

Berikan layanan terbaik untuk pelanggan

Salah satu hal penting yang tidak boleh dilupakan ketika memulai bisnis distro adalah memberikan pelayanan yang terbaik bagi para pelanggan. Ada pepatah yang mengatakan “pembeli adalah raja” oleh karena itu layanilah pelanggan anda dengan sepenuh hati serta sebaik mungkin.

Karena pelayanan yang bagus, besar kemungkinan bagi pelanggan anda untuk datang dan belanja lagi ke distro anda. Malah ada kemungkinan besar juga jika pelanggan anda akan mengajak atau merekomendasikan distro anda pada teman-teman mereka.

There are currently no comments.