021 2237 9620 0853 5122 5081
08.00 – 16.30 WIB cs@patendo.com

Kenapa melakukan pendaftaran merek dagang

Kenapa melakukan pendaftaran merek dagang , hal ini akan sering ditanyakan oleh pelaku bisnis yang belum mengetahui betapa pentingnya memiliki merek yang telah terdaftar secara resmi. Merek yang didaftarkan memiliki tujuan agar merek terkait mempunyai kekuatan hukum dan pemiliknya mendapatkan perlindungan hukum yang maksimal ketika terjadi penyalahgunaan oleh pihak lain. Merek menjadi satu kekayaan intelektual yang perlu anda perhatikan untuk menghindari adanya pihak lain memanfaatkan keberadaan merek anda untuk kepentingan pihak lain.

Kenapa melakukan pendaftaran merek dagang

Kenapa melakukan pendaftaran merek dagang juga didasari bahwa adanya dua merek yang identik ataupun hampir sama bisa menyebabkan kebingungan bagi pihak konsumen.

Dengan mendaftarkan merek yang anda punyai, anda bisa menghindari hal seperti ini terjadi dan membuat konsumen anda dapat menikmati hasil produk anda. Dua merek yang hampir sama memang lazim terjadi di dunia ekonomi dan perdagangan, terutama ketika ada merek baru yang ingin mendapatkan keuntungan dari keberadaan merek yang telah lebih dahulu dikenal oleh masyarakat. Biasanya selain menggunakan nama merek yang sama, harga produk yang ditawarkan akan sedikit dikurangi untuk menarik konsumen untuk memilih barang tersebut meskipun kualitas yang ditawarkan tentu tidak akan sama.

Ketika anda mempunyai merek dagang yang terdaftar dan masih berada dalam jangka waktu perlindungan hukum yang berlaku selama 10 tahun (dan bisa diperpanjang), anda bisa melakukan tindakan hukum terhadap pemilik merk yang bersangkutan. Hal seperti ini bisa mengganggu perkemabangan bisnis anda karena penjualan bisa saja berkurang karena adanya campur tangan pihak lain yang mencoba memanfaatkan merek anda yang telah lebih dulu dikenal.

Kenapa melakukan pendaftaran merek dagang indonesia

Dalam pendaftaran merek sendiri ada dua sistem yang digunakan yaitu deklaratif dan konstitutif. Penting bagi pelaku bisnis mengetahui lebih jauh karena kedua sistem ini memiliki perbedaan signifikan. Sistem deklaratif berarti anda sebagai pengguna pertama (first to use) dan berhak secara hukum menjadi pemilik merek. Pendaftaran dilakukan semata untuk mendapatkan adanya perlindungan hukum serta kepastian sebagai pengguna pertama merek tersebut, dimana pendaftaran merek tidak menjadi suatu keharusan.

Hal ini dapat berdampak pada hal yang juga menjadi kelemahan sistem ini dimana kepastian dan jaminan hukum tidak dimiliki oleh sang pemilik merek. Sementara dalam sistem konstitutif, lebih ditekankan pada siapa yang lebih dulu mendaftar lebih dulu (first to file), tidak melihat apakah pendaftar yang bersangkutan menggunakan merek tersebut untuk kepentingan bisnis dan usahanya. Hal ini menjadi suatu alasan jelas kenapa melakukan pendaftaran merek dagang menjadi suatu hal yang penting.

Banyak orang yang belum sadar bahwa merek yang mereka punya bisa saja didaftarkan oleh pihak lain. Dalam sistem konstitutif ini, bisa menimbulkan banyak masalah dibelakangnya nanti.

Bagikan :
There are currently no comments.